Jumat, 15 Maret 2013

Tips merawat RAM , Motherboard agar awet dan CPU yg baik




Merawat RAM
·         Siapkan penghapus kertas dan kuas.
  • Jangan lupa cabut kabel power dari STEKER,
  • Pertama cabut RAM (DDR/SDR) di PC anda, Selanjutnya bersihkan benkRAM/tempat melekatnya RAM(memori) anda dengan kuas, untuk RAM yang tidak terbaca atau terbaca sebagian, siapkan penghapus pensil.
  • Gosok bagian tembaga yang berwarna yang digunakan untuk menempelkan pada Motherboard sampai benar-benar tidak ada kotoran atau ada bekas karat. Setelah selesai tempelkan kembali RAM ke PC, lalu hidupkan PC anda.                                                                                                                       



.  
Cara Merawat Motherboard Agar Awet
 
Gunakanlah Uninterruptible Power Supply (UPS) dan stavolt sebagai pengaman tegangan listrik sehingga tidak terjadinya pengaruh terhadap kinerja mainboard apabila terjadi perubahan tegangan listrik secara tiba-tiba.
Perhatikan kebersihan bagian dalam CPU khususnya mainboard, apabila kotor lakukan pembersihan mainboard dengan menggunakan kompresor udara atau bisa juga dengan menggunakan kuas kurang lebih 3 bulan sekali atau sesuai dengan kebutuhan.
 Ventilasi udara yang ada pada casing jangan ditutup sehingga memperlancar terjadinya pertukaran udara bebas kedalam ruang Central Processing Unit (CPU) agar menjaga temperatur di dalam ruang CPU.
Bersihkan slot-slot atau konetor yang menghubungkan mainboard dengan komponen lainnya dari debu sekali sebulan.
Saat membersihkan agar selalu memperhatikan ada atau tidaknya baut-baut yang tertinggal di dalam mainboard, apabila ada segera angkat dari tempatnya untuk menghindari terjadinya hubungan pendek (korslet).
 Jangan membiarkan komputer tidak digunakan/tidak dihidupkan dalam kurun waktu yang cukup lama. Usahakan sekurang-kurangnya 3 kali digunakan/dihidupkan dalam seminggu.

Sumber : http://fadhilgalery.blogspot.com/2011/11/cara-merawat-motherboard-agar-awet.html
Copyright http://fadhilgalery.blogspot.com/ 


merawat cpu yang baik:
 




1. Pakailah UPS ( Uninterruptible Power Supply ) atau Stabilizer / Stavolt. Kalau bisa kedua-duanyaUPS       berguna untuk mengantisipasi listrik mati secara tiba-tiba yg dapat mengakibatkan kerusakan pada harddisk. Kalau tidak ada UPS gunakan lah Stavolt untuk mengantisipasi naik turunnya tegangan listrik.
2. Bersihkan Motherboard dan komponen lainnya secara berkala. Setidaknya 6 bulan sekali harus dibersihkan. Juga pada saat tidak digunakan tutuplah komputer dengan cover sehingga debu tidak mudah masuk ke komputer.
3. Pasang kabel ground. Hal ini digunakan untuk menetralkan jika ada listrik nyasar di casing CPU agar casing CPU lebih awet.
4. Secara berkala bersihkan lah disk drive menggunakan disk cleaner atau sejenisnya.
5. Bersihkan Power Supply Unit karena jika kotor dapat membuat suhu komputer melonjak.
6. Jauhkan lah benda cair dari komputer karena bisa menyebabkan hubungan pendek arus listrik.
7. Jangan melepas atau mencabut perangkat dalam kondisi komputer sedang hidup, Karena dapat mengakitbatkan kerusakan komponen karena adanya hubungan singkat di konektor.
8. Berilah Ventilasi yang cukup. Karena ventilasi yang kurang baik akan membuat komponen cepat panas. Usahakan ruang antara CPU dan dinding 30 cm.
9. Tutup / close program yg tidak digunakan karena setiap program yang di load membutuhkan RAM. Semakin banyak program yang digunakan jadinya komputer lelet dan memperpendek umur komputer. 
10. Gunakanlah antivirus dan update lah secara berkala karena virus membuat harddisk anda jadi cepat rusak. 

7 komentar:

Joybiz mengatakan...

mantep. tkyu

Unknown mengatakan...

artikel ini cukup baik dan animasi nya pun menarik

http://cbs-bogor.net/

AA mengatakan...

Nice Post Buat Agan Jangan Lupa Kunjungi http://installaptopsurabaya.blogspot.com/

Unknown mengatakan...

terima kasih ilmunya, moga bermanfaat, ni aq mau menanbahi tentang tips merawat processor

Unknown mengatakan...

Itu cocok buat semua pen- jual mesin gan :d:

Unknown mengatakan...

Terimakasih.. tulisannya sangat bermanfaat..
My blog
My Campus

LOVELYZ TRILOGY mengatakan...

siap min, makasih banyak sudah share
papan penjepit pcb

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar