Minggu, 13 Januari 2013

TROUBLESHOTING KOMPUTER


A.        PENGERTIAN TROUBLESHOOTING
Dalam dunia komputer, segala sesuatu masalah yang berhubungan dengan komputer disebut Troubleshooting dan timbulnya masalah dalam komputer tentu ada sebabnya.
  
B.        TEKNIK MENDETEKSI TROUBLESHOOTING
Terdapat 2 macam teknik dalam mendeteksi permasalahan dalam komputer yaitu :
·            Teknik Forward
Sesuai dengan namanya, maka dalam teknik ini segala macam permasalahan dideteksi semenjak awal komputer dirakit dan biasanya teknik ini hanya digunakan oleh orang – orang dealer komputer yang sering melakukan perakitan komputer. Pada teknik ini hanya dilakukan pendeteksian masalah secara sederhana dan dilakukan sebelum komputer dinyalakan (dialiri listrik).    
·            Teknik Backward
Hampir sama dengan teknik sebelumnya, teknik Backward adalah teknik untuk mendeteksi kesalahan pada komputer setelah komputer dinyalakan (dialiri listrik). Teknik lebih banyak digunakan karena pada umumnya permasalahan dalam komputer baru akan timbul setelah “jam terbang” komputernya sudah banyak dan ini sudah merupakan hal yang wajar.
C.         TABEL PENDETEKSIAN MASALAH
v  Analisa Pengukuran
Pada tahapan ini, pendeteksian masalah dengan cara mengukur tegangan listrik pada komponen. Gunakan alat bantu seperti multitester untuk mengukur tegangan yang diterima atau diberikan komponen tersebut.
v  Analisa Suara
Pada tahapan ini pendeteksian masalah menggunakan kode suara (beep) yang dimiliki oleh BIOS dan dapat kita dengar lewat PC Speaker. Keterangan :
ü  Bunyi beep pendek satu kali, sistem telah melakukan proses Boot dengan baik
ü  Bunyi beep pendek 2 kali, ada masalah pada setting CMOS
ü  Bunyi beep panjang 1 kali dan pendek 1 kali, ada masalah pada Motherboard atau DRAM
ü  Bunyi beep panjang 1 kali dan pendek 2 kali, ada masalah pada monitor atau VGA Card
ü  Bunyi beep panjang 1 kali dan pendek 3 kali, ada masalah pada Keyboard
ü  Bunyi beep panjang 1 kali dan pendek 9 kali, ada masalah pada ROM BIOS
ü  Bunyi beep panjang terus – menerus, ada masalah di DRAM
ü  Bunyi beep pendek terus – menerus, ada masalah penerimaan tegangan (power)
ü  Pada beberapa merk Motherboard akan mengeluarkan bunyi beep beberapa kali apabila temperatur terlalu panas
v  Analisa Tampilan
Pada tahapan ini pendeteksian masalah cenderung lebih mudah karena letak permasalahan dapat diketahui berdasarkan pesan error yang ditampilkan di monitor.
D.        CARA CEPAT MENGENALI TROUBLESHOOTING
§   Apabila terjadi masalah dan sistem masih memberikan tampilan pesan pada monitor atau disertai dengan bunyi beep 1 atau 2 kali, maka kemungkinan letak permasalahan ada di komponen Keyboard, Card I/O, Disk Drive dan Disket
§   Apabila terjadi masalah dan sistem memberikan kode bunyi beep lebih dari 2 kali, maka kemungkinan letak permasalahan ada di komponen RAM, VGA Card dan Monitor
§   Sedangkan untuk masalah yang tidak disertai pesan pada monitor atau kode bunyi beep, kemungkinan besar letak permasalahan ada di komponen Power Supply dan Motherboard
Sumber :
Modul TIK Kelas X
CARA MENANGANI TROUBLESHOTING YANG RUSAK

Berikut adalah Cara Cepat Mengenali Troubleshooting :

1. Apabila terjadi masalah dan sistem masih memberikan tampilan pesan pada monitor atau disertai dengan bunyi beep 1 atau 2 kali, maka kemungkinan letak permasalahan ada di komponen pada Kayboard, Card I/O, Disk Drive dan Disket.

2. Apabila terjadi masalah dan sistem memberikan kode bunyi beep lebih dari 2 kali, maka kemungkinan letak permasalannya ada dikomponen RAM, VGA Card dan Monitor.

3. Sedangkan untuk masalah yang tidak disertai pesan pada monitor atau kode bunyi beep, kemungkinan besar letak permasalannya ada di komponen Power Supply dan Motherboard.

Dengan ketiga macam teknik dalam pendeteksian masalah dalam komputer tersebut, tentunya akan lebih memperkaya pengetahuan kita dibidang komputer. Jadi jika suatu saat terdapat masalah pada komputer anda kita dapat melakukan pemeriksaan terlebih dahulu sebelum membawa ke tempat service . Kalaupun harus membawa ke tempat service kita sudah mengerti letak permsalahannya. Jadi kita tidak dibohongi oleh tukang service yang berniat nakal.


Sumber : http://gubukcurhat.blogspot.com/2012/04/cara-menangani-troubleshooting-komputer.html


0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar